Selasa, 27 Oktober 2009

Wieke Anglia

ANALISIS PERBANDINGAN PERENCANAAN PENJUALAN DENGAN REALISASI PENJUALAN PADA PT. PANDU LOGISTICS CABANG JAKARTA PERIODE 2008 – 2009


OLEH:

WIEKE ANGLIA

NIM : 2242.06.043





SKRIPSI

DISAMPAIKAN KEPADA SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN TRANSPOR TRISAKTI, PROGRAM STUDI MANAJEMEN TRANSPOR DARAT SEBAGAI BAGIAN DARI PERSYARATAN UNTUK MEMPEROLEH

GELAR SARJANA EKONOMI (S1)


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN TRANSPORT TRISAKTI

JAKARTA

2009

BAB I

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang Masalah

Setiap kegiatan ekonomi pasti membutuhkan sarana angkutan yang cukup serta memadai untuk menunjang segala kegiatannya. Dilihat dari sektor ekonomi, keperluan akan jasa angkutan mengikuti perkembangan dari kegiatan di semua sektor ekonomi. Karena dengan adanya kegiatan pengangkutan, sebuah barang dapat bernilai tinggi jika dipindahkan dari tempat satu ke tempat lainnya dengan waktu dan tempat yang tepat. Pengangkutan juga dikatakan sebagai “derived demand” karena keperluan jasa angkutan bertambah dengan meningkatnya kegiatan ekonomi dan juga bisa berkurang jika terjadi kelesuan ekonomi.

    Perdagangan bebas dunia yang segera berlaku pada 2013 mendatang, merupakan satu masalah penting bagi Indonesia, khususnya dalam pengembangan sector ekonomi nasional secara menyeluruh. Kini tinggal bagaimana kesiapan Indonesia menghadapinya. Salah satu factor pendukung keberhasilan terletak pada ketersediaan jasa transportasi logistic yang optimal.

Melihat perkembangan kegiatan ekonomi Indonesia yang semakin meningkat dan industri di bidang transportasi logistic saat ini juga semakin berkembang telah menciptakan peluang usaha bagi para pengusaha angkutan. hal ini disebabkan dengan meningkatnya kebutuhan akan jasa angkutan bagi mobilitas barang dari dan ke seluruh pelosok tanah air, bahkan dari dan ke luar negeri. Transportasi logistic juga berperan sebagai penunjang, pendorong, dan penggerak bagi pertumbuhan daerah yang berpotensi namun belum berkembang dalam upaya peningkatan dan pemerataan pembangunan serta hasil-hasilnya. Sehingga kini banyak bermunculan perusahaan-perusahaan baru yang bergerak dalam bidang usaha jasa angkutan, salah satunya jasa pengangkutan atau jasa pengiriman.

    Dari sekian banyak perusahaan yang ikut dalam persaingan usaha pengangkutan atau jasa pengiriman terdapat nama Pandu Logistics yang merupakan salah satu unit usaha dari PANDU SIWI GROUP. PT Pandu Logistica mencoba untuk meningkatkan utilitas waktu dan tempat dari produk konsumen melalui jasa pengiriman yang cepat, tepat, dan konsisten. Dengan komitmen tersebut, PT Pandu Logistic optimis dapat bersaing di tengah persaingan bisnis jasa pengiriman yang semakin ketat. Untuk itu, diperlukan strategi-trategi matang yang dapat mendukung agar tercapainya maksimum profit perusahaan. Salah satu strateginya dengan membuat perencanaan penjualan.

    Dalam segala macam usaha termasuk di dalamnya usaha jasa pengiriman, membuat perencanaan penjualan merupakan hal penting yang harus dilakukan. Perencanaan penjualan merupakan acuan bagi perusahaan untuk dapat mencapainya. Namun, tidak selamanya apa yang telah direncanakan dapat terealisasikan dengan tepat, ada saja hambatan dan rintangan yang membuat realisasinya menyimpang dari yang telah direncanakan. Untuk itu selain menyusun perencanaan yang matang, diperlukan juga usaha-usaha riil lainnya yang dapat membuat realisasinya sesuai dengan yang direncanakan atau bahkan melebihi dari yang direncanakan.

    Berdasarkan uraian di atas maka penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam dan mengemukakan dalam bentuk sebuah skripsi dengan judul:

    “ ANALISIS PERBANDINGAN PERENCANAAN PENJUALAN DENGAN REALISASI PENJUALAN PADA PT. PANDU LOGISTICS CABANG JAKARTA PERIODE 2008 – 2009 ”.

  1. Perumusan Masalah
    1. Identifikasi Masalah

    Berdasarkan judul penelitian di atas, maka penulis dapat mengidentifikasikan masalah yang terjadi pada PT. Pandu Logistics, yaitu

      a. Belum maksimalnya usaha-usaha yang dijalankan untuk mencapai perencanaan yang telah ditetapkan.

    1. Kualitas perencanaan produksi dan penjualan yang belum optimal.
    2. Masih terbatasnya wilayah pemasaran.
    3. Semakin bermunculannya perusahaan sejenis yang menjadi competitor.
    4. Kondisi pasar yang masih fluktuatif.
    1. Batasan Masalah

    Berdasarkan identifikasi masalah yang telah dijabarkan di atas, maka dalam skripsi ini penulis membatasi masalah pada perbandingan antara perencanaan penjualan dengan realisasi penjualan pada PT. Pandu Logistics cabang Jakarta periode 2008 – 2009.

    1. Pokok Masalah
      1. Bagaimana perkembangan perencanaan penjualan PT. Pandu Logistics cabang Jakarta periode 2008 – 2009?
      2. Bagaimana perkembangan realisasi penjualan PT. Pandu Logistics cabang Jakarta periode 2008 – 2009?
      3. Bagaimana perbedaan antara perencanaan penjualan dengan realsisasi penjualan PT. Pandu Logistics cabang Jakarta selama periode 2008 – 2009?

  1. Tujuan dan Manfaat Penelitian
    1. Tujuan Penelitian :
      1. Untuk mengetahui bagaimana perkembangan perencanaan penjualan pada PT. Pandu Logistics cabang Jakarta selama periode 2008 – 2009.
      2. Untuk mengetahui bagaimana perkembangan realisasi penjualan pada PT. Pandu Logistics cabang Jakarta selama periode 2008 – 2009.
      3. Untuk mengetahui bagaimana perbedaan antara perencanaan penjualan dengan realisasi penjualan pada . PT. Pandu Logistics cabang Jakarta selama periode 2008 – 2009.

2. Manfaat Penelitian :

          • Bagi Penulis

      1) Sebagai salah satu persyaratan untuk menyelesaikan program strata satu (S1) Manajemen Transportasi Darat.

        1. Menambah pengetahuan, wawasan dan pergaulan dalam belajar bersosialisasi di lingkungan tempat penelitian dilakukan yang mana sangat diperlukan kesadaran dan kesungguhan untuk membuat suatu penulisan skripsi yang benar-benar baik sesuai yang penulis harapkan.
        2. Sebagai bekal untuk menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh ke dalam dunia kerja nantinya.
  1. Bagi Perusahaan
    1. Sebagai bahan masukan informasi dalam menentukan kebijaksanaan perusahaan di masa yang akan datang.
      1. Dapat memberikan motivasi yang positif untuk seluruh pegawai.
  1. Bagi STMT TRISAKTI

      Untuk menambah koleksi bacaan di perpustakaan dan bahan referensi bagi penelitian selanjutnya.

    D. Metodologi Penelitian

    1. Metode Pengumpulan Data, terdiri dari :

    Untuk memperoleh data dalam penilitian ini, maka penulis menggunakan Metode sebagai berikut :

  1. Penelitian Lapangan (Field Research)

      Metode penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan data yang diperlukan secara langsung dari obyek penelitian atau perusahaan yang ditelili. Dalam memperoleh data tersebut penulis menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, yaitu :

    1. Observasi

      Penulis memperoleh data dengan cara terjun langsung di lapangan serta mengamati segala sesuatu yang terjadi di lapangan untuk kemudian dituangkan dalam bentuk tulisan yang dapat dijadikan masukan atau bahan dalam penulisan skripsi ini.

    1. Interview

      Merupakan pengumpulan data dengan Tanya jawab langsung kepada pihak – pihak yang dianggap mampu memberikan penjelasan langsung maupun data yang nantinya akan penulis bahas dalam skripsi.

      b. Penelitian Kepustakaan (Library Research)

      Untuk riset kepustakaan ini maka penulis mengumpulkan data dengan cara membaca dan mengutip dari buku-buku dan bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan masalah yang sedang diteliti.

    2. Teknik Analisis Data

    Penulis melakukan analisis perbandingan perencanaan penjualan dengan realisasi penjualan pada PT. Pandu Logistics cabang Jakarta selama periode 2008 – 2009 dengan teknik analisis penyimpangan atau “Variance Analysis”. Analisis penyimpangan adalah suatu alat analisis yang digunakan untuk mendapatkan pendalaman penyebab terjadinya suatu penyimpangan (Varians), di mana salah satu data diperlakukan sebagai dasar, standar, pedoman untuk dibandingkan dengan data yang lainnya yaitu data aktual. Christina,dkk (2002 : 247)

    Dalam penyusunan skripsi ini, penulis mencoba menganalisis penyimpangan atau varians penjualan dengan menggunakan dua indikator yaitu pendapatan penjualan dalam rupiah dan volume penjualan dalam tonase, yang datanya dibagi menjadi delapan triwulan dengan format tabel seperti di bawah ini:

      1. Pendapatan Penjualan dalam rupiah
    No n Program / Realisasi Selisih
    Rencana absolut Persentase (%)
    1 I
    2 II
    3 III
    4 IV
    TOTAL
    5 I
    6 II
    7 III
    8 IV
    TOTAL

    b. Volume Penjualan dalam tonase

    No n Program / Realisasi Selisih
    Rencana absolut Persentase (%)
    1 I
    2 II
    3 III
    4 IV
    TOTAL
    5 I
    6 II
    7 III
    8 IV
    TOTAL


    E. Sistematika Penulisan

BAB I : PENDAHULUAN

      Bab ini menyajikan Latar Belakang Masalah, Perumusan Masalah, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Metodologi Penelitian dan Sistematika Penulisan.

BAB II : LANDASAN TEORI

      Pada Bab ini disajikan teori-teori yang menyangkut pengertian perencanaan, realisasi, pemasaran, konsep pemasaran, penjualan, konsep penjualan dan analisis varians (penyimpangan).

BAB III : GAMBARAN UMUM OBYEK PENELITIAN

      Terdiri dari sejarah perkembangan PT. Pandu Logistics, visi dan misi perusahaan, manajemen dan organisasi perusahaan serta bidang usaha PT. Pandu Logistics.

BAB IV : ANALISIS DAN PEMBAHASAN

      Bab ini berisi pembahasan mengenai perkembangan perencanaan penjualan, perkembangan realisasi penjualan, dan besarnya perbedaan perencaan penjualan dengan realsisasi penjualan pada PT. Pandu Logistics cabang Jakarta selama periode 2008 – 2009.

BAB V : PENUTUP

      Bab ini berisi kesimpulan hasil analisis dan pembahasan dari BAB IV serta saran – saran yang bermanfaat bagi perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar