Selasa, 27 Oktober 2009

Antonius Wibysono

ANALISIS PENGARUH PANGKALAN TERHADAP PRODUKTIFITAS ARMADA TAKSI PADA PT PRIMAJASA PERDANARAYA TAHUN 2009

PROPOSAL

SEBAGAI TUGAS MANDIRI MATA KULIAH SEMINAR

Browser Anda mungkin tidak bisa menampilkan gambar ini.


OLEH :

ANTONIUS WIBISONO

2242.06.046



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN TRANSPOR

TRISAKTI JAKARTA

2009

BAB I

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Saat ini, Industri transportasi terus mengalami perkembangan yang cukup pesat, salah satunya adalah industri transportasi darat khusunya perusahaan taksi. Jasa transportasi taksi merupakan salah satu moda yang ideal digunakan pada kota yang maju. Pelayanannya yang door to door dan sesuai dengan ‘level of service’ membuat jasa transportasi ini menjadi salah satu solusi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan jasa transportasi.

Meningkatnya permintaan akan jasa taksi diimbangi dengan banyaknya perusahaan taksi baru yang mengakibatkan persaingan antar perurahaan taksi menjadi semakin ketat. Persaingan tersebut sangatlah mempengaruhi produktifitas dari tiap-tiap perusahaan taksi yang mengakibatkan pendapatan perusahaan semakin berkurang.

Dalam mengatasi permaslahan tersebut banyak perusahaan taksi yang melakukan kerjasama dengan pihak lain untuk mendirikan pangkalan pada titik-titik yang berpotensi akan permintaan jasa taksi. Pendirian pangkalan tersebut diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih maksimal kepada konsumen serta dapat meningkatkan produktivitas dari tiap-tiap armada atau paling tidak dapat megurangi ‘empty kilometer’.

Berdasarkan uraian diatas maka penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam dan mengemukakan dalam bentuk skipsi dengan judul: “ANALISIS PENGARUH PANGKALAN TERHADAP PRODUKTIFITAS ARMADA TAKSI PADA PT PRIMAJASA PERDANARAYA TAHUN 2009”

  1. Perumusan Masalah
  1. Identifikasi Masalah

    Berdasarkan latar belakang tersebut dapat di identifikasi masalah sebagai berikut :

  1. Proses standard operating prosedur (SOP) operasi armada taksi belum berjalan dengan baik.
  2. Tingkat operasional armada belum maksimal
  3. Perlengkapan dan peralatan lapangan belum sesuai standar
  4. Pengaturan atau manajemen perusahaan belum maksimal.

  1. Batasan Masalah

    Dari identifikasi masalah tersebut, masalah penelitian hanya dibatasi pada pengaruh pangkalan terhadap produktififitas armada taksi pada PT Primajasa Perdanaraya Tahun 2009.

  1. Rumusan Masalah
  1. Bagaimana peranan pangkalan PT Primajasa Perdanaraya dalam kegiatan memasarkan taksi kepada konsumen pada tahun 2009?
  1. Bagaimana realisasi produktifitas armada taksi PT Primajasa Perdanaraya pada tahun 2009?
  2. Bagaimana pengaruh pangkalan terhadap produktifitas armada taksi pada PT Primajsa Perdanaraya Tahun 2009?

  1. Tujuan dan Manfaat Penelitian
  1. Tujuan penelitian
  1. Untuk mengetahui bagaimana peranan pangkalan PT Primajasa Perdanaraya dalam kegiatan memasarkan taksi kepada konsumen pada tahun 2009.
  2. Untuk mengetahui bagaimana realisasi produktifitas armada taksi PT Primajasa Perdanaraya pada tahun 2009.
  3. Untuk mengetahui sejauhmana pengaruh pangkalan terhadap produktifitas armada taksi pada PT Primajsa Perdanaraya Tahun 2009.

  1. Manfaat Penelitian
  1. Bagi Penulis

    Untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan mengenai hal-hal yang berhubungan dengan transportasi darat pada umumnya, dan permasalahan yang berkaitan dengan pengaruh pangkalan terhadap produktifitas armada taksi.


  1. Bagi Perusahaan

    Sebagai bahan masukan dan pertimbangan bagi PT Primajasa Perdanaraya dalam mengambil kebijaksanaan khususnya dalam perana kinerja pangkalan terhadap produktifitas armada agar lebih baik dan matang dimasa yang akan datang

  1. Bagi Masyarakat

    Penelitian ini dapat dijadikan sebagai informasi tambahan pengetahuan mengenai pengaruh pangkalan terhadap produktifitas armada taksi yang merupakan salah satu kunci pertumbuhan bagi perkembangan perusahaan dimasa yang akan datang.

  1. Metodologi Penelitian
  1. Metode pengumpulan data
  1. Penelitian lapangan (Field Research)

    Dengan melakukan penelitian lapangan didapatkan data primer penelitian dengan mendatangi objek penelitian, yaitu PT Primajasa Perdanaraya, data tersebut diperoleh melalui:

    1. Observasi langsung, maksudnya memperoleh data dengan mengamati langsung keadaan dilapangan yang berubungan dengan bidang penelitian.
    2. Wawancara, artinya mendapatkan informasi serta data yang dibutuhkan melauli pihak-pihak yang terkait yang bersedia memberikan informasi yang dibutuhkan.

  1. Penelitian kepustakaan (Library Research)Penelitian ini bertujuan mendapatkan data sekunder dan diperoleh dari sumber-sumber bacaan atau literature yang berkaitan dengan bidang penelitian.
  1. Metode Analisis Data

    Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pangkalan terhadap produktifitas armada taksi penulis menggunakan alat analisis koefisien korelasi. Peranan pangkalan sebagai variable X dan produktifitas armada taksi sebagai variable Y. keduanya dikorelasikan hingga membentuk titik-titik koordinat yang terdapat dalam diagram pencar dalam ke-empat kuadran.


Gambar I

Diagram Pencar

Y Y’

Browser Anda mungkin tidak bisa menampilkan gambar ini.

II I

X’

III IV

0 X

Keterangan:

I : X’ dan Y’ positif

II : X’ negatif dan Y’ positif

III : X’ dan Y’ negative

IV : X’positif dan Y’ negatif

Secara sederhana dapat dirumuskan:

Browser Anda mungkin tidak bisa menampilkan gambar ini. r = n XY - X. Y

Browser Anda mungkin tidak bisa menampilkan gambar ini. Browser Anda mungkin tidak bisa menampilkan gambar ini. √n ∑ X2 – (∑X)2 √n ∑Y2 – (∑Y)2





  1. Sistematika Penulisan Skripsi

    Skripsi disiapkan dalam lima bab dengan sistematika sebagai berikut:

        BAB I : PENDAHULUAN

        Pendahuluan menguraikan latar belakang masalah, perumusan masalah yang meliputi batasan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian serta sistematika penulisan skripsi.

        BAB II : LANDASAN TEORI

        Menguraikan teori yang berkaitan dengan judul skripsi secaraluas hingga teori yang akan digunakan untuk analisis pembahasan. Setiap bentuk rujukan dari sejumlah literature disebutkan dengan jelas sebelumnya.

        BAB III : GAMBARAN UMUM PT PRIMAJASA PERDANARAYA

        Menguraikan sejarah singkat, organisasi dan manajemen serta kegiatan usaha PT Primajasa Perdanaraya.

        BAB IV : ANALISIS DAN PEMBAHASAN

        Pada bab ini akan menguraikan pengaruh pangkalan terhadap produktifitas armada taksi pada PT Primajasa Perdanaraya tahun 2009 dengan menghubungkan kedua variabel tersebut menggunakan koefisien korelasi.

        BAB V : PENUTUP

        Pentup terdiri dari kesimpulan dan saran. Kesimpulan diambil dari bab IV yaitu analisis dan pembahasan, sedangkan saran disesuaikan dengan solusi pada analisis dan pembahasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar