OLEH :
ICHSAN NUGRAHA
NIM : 224206051
SEKOLAH TINGGI MENAJEMEN TRANSPORT TRISAKTI
JAKARTA
2009
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Pada saat ini transportasi merupakan salah satu sektor yang sangat berperan dalam pembangunan ekonomi yang menyeluruh. Perkembangan sektor transportasi akan secara langsung mencerminkan pertumbuhan pembangunan ekonomi yang berjalan. Namun demikian, sektor ini dikenal pula sebagai sektor yang dapat memberikan dampak terhadap lingkungan dalam cakupan khusus dan sementara.
Transportasi atau pengangkutan itu sendiri adalah perpindahan dari suatu tempat ke tempat lain dengan menggunakan alat pengangkut, baik yang digerakkan oleh tenaga manusia, hewan (kuda, sapi, kerbau) atau mesin. Konsep transportasi didasarkan pada adanya perjalanan (trip) antara asal (origin) dan tujuan (destination).
Dengan demikian transportasi merupakan bagian dari kegiatan ekonomi yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan manusia dengan cara mengubah letak geografis barang/orang. Transportasi yang berwawasan lingkungan perlu memikirkan implikasi/dampak terhadap lingkungan yang mungkin timbul, terutama pencemaran udara dan kebisingan.
Di dalam transportasi sangat mengutamakan keinginan masyarakat yaitu memberikan pelayanan yang cepat, tepat waktu, aman, nyaman dan murah. Hal tersebut harus ditunjang oleh faktor Sumber Daya Manusia khususnya pramudi yang mempunyai sifat selalu disiplin, jujur, adil, taat pada peraturan-peraturan serta mempunyai tugas memberikan pelayanan kepada masyarakat secara profesional.
Untuk mengembangkan potensi Sumber Daya Manusia dan meningkatkan produktivitas kerjanya PT. Jakarta Express Trans membutuhkan satu sistem pengelolaan pramudi terpadu dan menyeluruh dimulai dari proses perekrutan, pelatihan, pengaturan jumlah, dan peamntapan seorang pramudi untuk meningkatkan kemampuan teoritis, teknis, konseptual dan moral pramudi.
Personil atau Sumber Daya Manusia inilah yang memberikan kontribusi baik pikiran atau tenaganya di dalam melaksanakan apa yang telah diinstruksikan kepadanya sehingga tugas yang diembannya dapat diselesiakan dengan baik.
Berdasarkan uraian tersebut diatas, maka penulis merasa tertarik untuk menyusun skripsi dengan memilih judul, “PENGARUH DISIPLIN KERJA PRAMUDI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PRAMUDI PADA PT. JAKARTA EXPRESS TRANS TAHUN 2008”
Perumusan Masalah
Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan diatas, maka untuk memperjelas pembahasan masalah dalam penelitian ini, penulis mengidentifikasikan masalah sebagai berikut :
Masalah-masalah yang ada pada variabel disiplin kerja sebagai berikut :
Keterlambatan pramudi untuk datang bekerja.
Melanggar peraturan perusahaan.
Sering tidak masuk bekerja.
Pulang kerja sebelum waktunya.
Kurangnya pengawasan dari atasan terhadap pekerjaannya.
Atasan tidak memberikan contoh yang baik kepada bawahannya.
Masalah-masalah yang ada pada variabel produktivitas kerja sebagai berikut :
Sikap etika kerja yang kurang baik dalam hubungan antara karyawan.
Tidak didukungnya dengan teknologi yang canggih dalam bekerja.
Tidak adanya gairah dan semangat untuk bekerja.
Kurang baiknya sistem manajemen yang ada diperusahaan.
Selalu dibatasi pengembangan potensi dalam berprestasi kerja.
Kurangnya keterampilan yang dimiliki.
Kurang baiknya sistem manajemen yang ada.
Batasan Masalah
Dari identifikasi diatas maka raung lingkup permasalahan dibatasi pada:
Disiplin, diartikan sebagai rasa tanggung jawab seseorang dalam melaksanakan tugasnya.
Produktivits kerja karyawan adalah hasil kerja yang diperlihatkan karyawan dalam melaksanakan kerjanya diukur dalam jumlah dan mutu mengerjakan tugasnya.
Penelitian ini dilakukan di PT. Jakarta Express Trans tahun 2008
Pokok Permasalahan
Mendasari hasil identifikasi dan pembatasan masalah maka dapat dirumuskan pokok masalah sebagai berikut :
Bagaimana disiplin kerja pramudi yang dilakukan pada PT. Jakarta Express Trans tahun 2008.
Bagaimana produktivitas kerja pramudi pada PT. Jakarta Express Trans tahun 2008.
Adakah pengaruh antara kerja pramudi terhadap produktivitas kerja pramudi pada PT. Jakarta Express Trans tahun 2008.
Tujuan Dan Manfaat Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian yang penulis lakukan adalah sebagai berikut :
Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui dan menganalisis disiplin kerja pramudi pada PT. Jakarta Express Trans tahun 2008.
Untuk mengetahui dan menganalisis produktivitas kerja pramudi pada PT. Jakarta Express Trans tahun 2008.
Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh disiplin kerja pramudi terhadap produktivitas kerja pramudi pada PT. Jakarta Express Trans tahun 2008.
Manfaat Penelitian
Bagi Penulis
Sebagai tambahan pengetahuan serta wawasan dalam kegiatan empiris tentang masalah yang berkaitan dengan disiplin kerja pramudi terhadap produktivitas kerja pramudi di PT. Jakarta Express Trans.
Bagi Perusahaan
Sebagai bahan masukan untuk dapat memperbaiki disiplin kerja pramudi terhadap produktivitas kerja pramudi di PT. Jakarta Express Trans
Bagi Lembaga Pendidikan (STMT Trisakti)
Sebagai bahan referensi dalam mempelajari mengenai disiplin kerja dan produktivitas kerja serta permasalahan yang mungkin terjadi dan sebagai data dokumentasi perpustakaan STMT Trisakti.
Metodologi Penelitian
Jenis Dan Sumber Data
Jenis data di dalam penelitian ini adalah data kualitatif dalam bentuk angket dan data kuantitatif dalam bentuk skor dari data kualitatif (angket). Sedangkan sumber data yang digunakan adalah data primer dalam bentuk pengambilan data secara langsung ke responden melalui penyebaran angket di lapangan.
Populasi Dan Sampel
Populasi
Adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas objek/ subjek yang mempunyai kuantitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan ditarik kesimpulannya. Populasi bukan hanya orang tetapi benda-benda alam yang lain. Populasi juga bukan sekedar jumlah yang ada pada objek/subjek. Sugiyono (2005 : 55) adapun yang menjadi populasi penelitian adalah seluruh pengemudi PT. Jakarta Express Trans.
Sampel
Adalah sebagian jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut. Bila populasi besar, peneliti tidak mungkin mempelajari semua yang ada pada populasi, misalnya keterbatasan dana, tenaga dan waktu, maka peneliti dapat menggunakan sampel yang diambil dari populasi itu, harus betul-betul representative (mewakili), Sigiyono (2005 : 56) jumlah sampel yang diambil sebanyak 30 orang pengemudi PT. Jakarta Express Trans.
Metode Pengumpulan Data
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, maka penulis menggunakan metode sebagai berikut :
Riset Lapangan (Field Research)
Penelitian lapangan adalah penelitian dengan cara melakukan penelitian langsung ke lapangan yang sering disebut dengan field research dengan menggunakan teknik sebagai berikut :
Pengamatan Secara Langsung (Observation)
Teknik pengumpulan data dengan mengamati secara langsung kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan objek penelitian.
Wawancara (Interview)
Teknik pengumpulan data secara lisan kepada pihak-pihak secara langsung kepada perusahaan untuk mendapatkan data yang diperlukan.
Kuesioner (Questionaire)
Survey melalui angket/kuesionar dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang dibagikan kepada pramudi yang berjumlah 40 orang di PT. Jakarta Express Trans. Skala pengukuran kuisioner berdasarkan skala likert, memberikan bobt stiap jawaban yang diberikan responden.
Skala Pengukuran Kuisioner sebagai berikut :
SS : Sangat Setuju S : Setuju RR : Ragu-Ragu TS : Tidak Setuju STS : Sangat Tidak Setuju | Nilai Bobot = 5 Nilai Bobot = 4 Nilai Bobot = 3 Nilai Bobot = 2 Nilai Bobot = 1 |
Riset Kepustakaan (Library Research)
Data kepustakaan digunakan untuk mengumpulkan informasi dan landasan teori yang digunakan sebagai dasar untuk menganalisis permasalahan, dengna mempelajari sumber tertulis seperti literature, jurnal, artikel dan bahan bacaan lainnya yang berkaitan dengan permasalahan dan penelitian skripsi ini, guna penulis dalam penyusunan skripsi ini.
4. Teknik Analisa Data
Kerangka analisis pengaruh disiplin kerja pramudi. Dengan menganalisa data dua variabel yang ada yaitu disiplin kerja (X) dan produktivitas kerja (Y).
Regresi Linier Sederhana
Untuk mencari hubungan proporsional antara variabel X dan variabel Y, digunakan rumus persamaan regresi linear sebagai berikut :
(J. Supranto 2000 : 174)
Y = a + bX
Dimana :
X = Variabel bebas (jumlah armada AKDP yang beroperasi)
Y = Variabel terikat (jumlah penumpang yang diangkut)
a = Bilangan tetap
b = Koefisien regresi
Untuk mencari nilai a dan b :
Koefisien Korelasi (product moment)
Untuk menghitung koefisien korelasi ( r) digunakan rumus :
Dimana :
r = Koefisien korelasi X dan Y
n = å Triwulan
X = Variabel bebas (disiplin kerja)
Y = Variabel terikat (produktivas kerja)
Tabel 1.1
Koefisien Korelasi dan Taksiran
Interval koefisien | Interpretasi |
0,00 - 0,19 0,20 - 0,39 0,40 - 0,59 0,60 - 0,79 0,80 - 1.00 | Sangat rendah Rendah Sedang Kuat Sangat kuat |
Sumber : Sugiono, (2006 : 183)
c. Koefisien Penentu (Kp)
Analisis ini digunakan untuk menentukan besarnya kontribusi variabel Y dalam % rumus Kp adalah sebagai berikut
Kp = (r2) x 100%
Keterangan :
Kp = Koefisien penentu
r = Koefisien korelasi X dan Y
d. Uji Hipotesis
Hipotesis awal :
Mencari t hitung dengan rumus sebagai berikut :
Ö1 - r2
Membandingkan hasil observasi dengan tabel
thitung = ttabel (a = 5% dan df = n - 2)
Kesimpulan :
Jika thitung <>tabel maka Ho diterima dan Hi ditolak, artinya tidak ada hubungan yang signifikan antara variabel X dan Y.
Jika thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Hi diterima, artinya ada hubungan yang antara signifikan variabel X dan Y
Hipotesis
Hipotesis atau jawaban sementara yang didapat dari penelitian ini adalah diduga terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara disiplin kerja (variabel X) dengan produktivitas kerja (variabel Y) pada PT. Jakarta Express Trans.
Sistematika Penulisan
Adapun materi skripsi yang dibahas ini dibagi menjadi 5 (lima) bab, dengan sistematika sebagai berikut :
BAB I : PENDAHULUAN
Dalam bab ini dijelaskan mengenai latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian, hipotesis, dan sistematika penulisan.
BAB II : LANDASAN TEORI
Dalam bab ini dijelaskan mengenai manajemen sumber daya manusia, disiplin kerja dan produktivitas serta faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas.
BAB III : GAMBARAN UMUM PT. JAKARTA EXPRESS TRANS
Dalam bab ini dijelaskan mengenai sejarah singkat perusahaan, organisasi dan manajemen perusahaan serta kegiatan usaha perusahaan.
BAB IV : ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Pada bab ini merupakan inti dari skripsi yang berisikan analisis dan pembahasan setiap masalah yaitu disiplin kerja pramudi, produktivitas kerja pramudi dan pengaruh disiplin kerja pramudi terhadap produktivitas kerja pramudi.
BAB V : PENUTUP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar