Jumat, 20 November 2009

MUHAMMAD ARDIHANSYAH

NAMA : M.ARDIHANSYAH

NIM : 224206005

JURUSAN : (S1)MTD

BAB I

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang Permasalahan

Setiap organisasi pada dasarnya didirikan sebagai wadah proses untuk mencapai suatu tujuan tertentu dan merealisasikan tujuan yang telah ditentukan tersebut secara bersama-sama sesuai dengan fungsi dan tugas masing-masing.

Untuk mencapai suatu tujuan yang efektif apabila didukung oleh sumber daya manusia yang mempunyai keahlian dan keterampilan yang cukup memadai di bidangnya.

Sumberdaya manusia adalah sumber daya yang penting dari suatu organisasi, Karena manusia adalah sebagai perencana dan pelaku dalam pencapaian tujuan organisasi.

Tujuan organisasi tersebut tidak mungkin dapat tercapai tanpa peranan sumber daya manusia, walau banyaknya unasur alat-alat yang lain dimiliki organisasi.

Manusia sebagai tenaga kerja dan pelaksana kegiatan operasi adalah merupakan makhluk social yang memiliki perasan dan akal, kurangnya perhatian terhadap manusia sebagai tenaga kerja akan berdampak baik terhadap efektifitas kerja,sebaliknya apabila manusia sebagai tenaga kerja hendaknya mendapat cukup perhatian tentang kebutuhannya sebagai makhluk social, maka mereka akan terdorong untuk melaksanakan tugasnya dengan sebaik mungkin yang pada akhirnya dapat mencapai daya dan hasil guna yang sebesar-besarnya.

Dalam perubahan perkembangan jaman yang pada hakekatnya adalah pembanguna manusia Indonesia seutuhnya. Perum damri wisata sedang menuju terwujudnya bangsa yang maju dan sejaterah lahir dan batin berdasarkan pancasila dan undang-undang dasar republik Indonesia 1945.

Sebagai suatu organisasi yang bergerak dibidang angkutan darat, jalan raya adalah merupakan wadah kegiatan atau usaha di dalam pemindahan orang orang atau barang ke tempat tujuan dengan aman, nyaman dan memuaskan.

Dalam perkembangan pembangunan dewasa ini perum damri senantiasa berusaha untuk dapat berfungsi menunjang dan membantu pemerintahan dalam pembangunan termasuk turut serta menjaga menjaga kestabilan tarif termasuk mengatasi sering terjadinya gejolak pemogokan angkutan bus, selain itu perum damri dituntut pula untuk mengikuti perkembangan ilmu dan pengetauan, perkembangan aspirasi masyarakat dan perkembangan masyarakat yang akan dating serta perkembangan kebutuhan ke depan para era globalisasi dan pasar bebas. Perkembangan masyarakat yang akan dating serta perkembangan kebutuhan ke depan pada era globalisasi dan pasar bebas. Perkembangan dimaksud ditandai dengan banyaknya tuntutan dari masyarakat atas pelanyanan angkutan.

Pendidikan dan pelatiahan adalah merupakan salah satu bentuk usaha perkembangan sumberdanya manusia yang bertujuan mempersiapkan sumber daya manusia untuk mengemban tugas dan tanggung jawab pekerjaan di waktu yang akan dating untuk meningkatkan produktifitas kerja.

Dari uraian di atas bahwa pendidikan dan pelatiahan adalah merupakan sarana yang sangat penting dan efektif untuk meningkatkan keterampilan serta pengetahuan karyawan perum damri yang pada akhirnya dapat pula meningkatkan produktifitas kerja karyawan sehinga kelangsungan perusahanan akan bisa dijaga jika dikelola oleh orang-orang yang terampil, orang yang terampil dalam hal ini tidak dapat dengan begitu saj tapi harus ditemukan melalui pendidikan dan pelatihan sehingga potensi-potensi yang ada bias digali sebanyak mungkin.

Dengan pelatiah juga bisa memberikan suatu keuntungan tambahan bagi perusahan, dalam hal ini dapat juga berfungsi sebagai :

1. Mengurangi pengawasan

2. Meningkatkan rasa harga diri

3. Meningkatkan kerja sama antar karyawan

4. Memudahkan pelaksana tugas

5. Memudahkan pemberian pendegelasian wewenang

Untuk merealisasikan point-point tersebut di atas maka kebijakan pelaksanaan pendidikan dan pelatian sanagat dibutuhkan Karena hal tersebut dapat menambah produktifitas karyawan.

Berdasarkan uraian di atas, penulis memilih judul skripsi ini yaitu “PENGARUH BIAYA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP PRODUKTIFITAS KERJA KARYAWAN PERUM DAMRI STASIUN WISATA JAKARTA”

  1. Batasan Masalah

Melihat banyaknya faktor peranan pendidikan dan latihan dalam meningkatkan keterampilan, maka permasalahan yang akan dibahas dalam penilitian ini adalah biaya pendidikan selama periode tahun 2005 sampai dengan tahun2009 dan produktifitas nya akan diukur dari sisi keuntungan perusahaan (profit) Perum Damri selama periode thun 2005 sampai dengan 2009.

C.Perumusan Permasalahan

Sesuai uraian yang telah dipaparkan sebelumnya maka rumusan permasalahan yang akan dibahas dalam penulisan sripsi ini adalah “apakah biaya pendidikan dan pelatihan dapat meningkatkan produktifitas kerja karyawan perum damri wisata Jakarta”

  1. Tujuan Dan Manfaat Penelitian

1.Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan biaya pendidikan dan pelatihan dalam rangka meningkatkan produktifitas kerja karyawan perum damri wisata Jakarta.

2. Manfat penelitian

a. Bagi dunia akademis

Manfaat penulisan ini di harapkan akan menambah wawasan keilmuan dan pengetahuan mengenai peran pendidikan dan pelatihan dalam meningkatkan produktifitas kerja karyawan

b. Bagi perusahaan

Hasil penelitian ini diharapkan akan membawa manfaat bagi perum damri wisata Jakarta

  1. Kerangka Pemikiran

Untuk memberikan gambaran hubungrn kedua variabel, penelitian ini dapat disusun kerangka pemikiranya sebagai pada bagan berikut ini :

Gambar 1. Hubungan Pendidikan dan pelatihan (Variabel X)

Dasr Peningkatan Produktifitas (Variabel Y)



Variabel Bebas (X)

Pendidikan dan Pelatihan


Variabel Bebas (Y)

Penerimaan Perusahaan










Sumber : Perum Damri Wisata Jakarta

  1. Hipotesis Penelitian

Untuk mendapatkan pembuktian dari satu penelitian, perlu dibuat Hipotesis yang memerlukan penalitian. Hipotesis yang penilis ajukan adalah : “Pendidikan dan penalitian dapat meningkatkan produktifitas kerja karyawan”.

  1. Metode Penelitian

Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, yaitu metode penelitian untuk memberikan gambaran yang lebih jelas tentang pengaruh dari pendidikan dan pelatihan terhadap hasil produktifitas yang menujukan atas hubungan antara berbagai variable.

Sedangkan untuk pendekatan kwlitatif adalah pendekatan dari segi pengamatan langsung secara partisipasi dan penelitian.

Dalam hal ini penulis memerlukan beberapa data yang diperlukan guna kesempurnaan skripsi ini, maka penulis menggunakan metode yang digunakan sebagai berikut :

1. Kajian kepustakaan

Kajian kepustakaan ini dilakukan oleh penulis dengan tujuan untuk mendapatkan data pustaka yaitu dengan cara mengumpulkan dan mempelajari buku-buku literature yang ada hubungannya denga obyek penelitian.

2. Penelitian lapangan

Penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan data dari hasil laporan tahunan dan mengadakanpertanyaan lansung kepada bagian-bagian yang erat kaitannya dengan permasalahan yang hendak diteliti.

a. Populasi dan sempel

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan yang telah melaksanakan diklat pada Perum Damri Wisata Jakarta.

b. Teknik Pengumpulan data

Untuk memperoleh data sesuai dengan apa yang diharapkan penulisan melakukan dengan teknik pengumpulan data sebagai berikut :

1) Observasi/ penelitian lapangan

Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan langsung ke obyek penelitian dalam hal karyawan Perum Damri Stasiun Wisata Jakarata.

2) Wawancara

Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengumpulan informasi tentang diklat dan pelatihan pegawai Damri Stasiun Wisata Jakarta.

3) Daftar pertanyaan

Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan pengumpulan informasi data sebagai kajian Skripsi langsung kepada pegawai yang telah mengikuti pendidikan dan pelatihan

4) Kajian Kepustakaan

Pengumpulan data dilakukan dengan membaca dan mencatat bahan-bahan yang berhubungan dengan penelitian ini dari buku-buku, literature ilmiah dan pendapat para ahli.

c. Teknik Analisa Data

1) Teknik pengolahan data

Melakukan perhitungan dengan menggunakan system prosentase dari data angka-angka.

2) Analisa Data

Analisa data yang digunakan dalam penalitian ini adalah deskriptif analisa sengan pendekatan kuantitatif yang mengunakan rumus statistik.

Dalam membahas masalah pengolahan data mengunakan bentuk tabel yang didapati oleh penulis dari hasil penelitian di lapangan, dari hasil analisa tersebut untuk pembuktian maka dipergunakan cara perhitungan statistik agar dapat diketahui hasil kolerasi antara dua variabel, yaitu dengan mengunakan rumus :

Keterangan :

r 1 yaitu korelasi positif

r = 0 yaitu tidak dapat korelasi

r -1 yaitu terjadi korelasi negatif sempurna

dan regresi sederhana dengan rumus statistik, yaitu:

Y = a + bx

Keterangan :

X = biaya pendidikan dan pelatihan

Y = produktivitas

Setelah ditentukan prosentase

Tidak ada komentar:

Posting Komentar